Jumat, 18 November 2011

Kunci Kesuksesan Persentasi Steve Jobs

Kunci Kesuksesan Persentasi Steve Jobs

           Kita semua pasti tau ,steve job di acara seorang pendiri dan pembesar perusahaan raksasa apple.
Bagaimana bisa pidato Jobs  mempesona seluruh orang bahkan sebagai kunci kesuksesan produk-produk terbaru apple ? Padahal, Jobs berpidato tanpa slide. Jobs juga tidak sempat merancang panggung alias dia tampil sebagaimana orang lain tampil berpidato dalam sebua peluncuran produk terbaru dari apple. Gallo mengatakan stave mempunya sutau kata’’ ampuh dalam pidato nya yaitu” satu hal lagi” 

“Steve Jobs selalu membuat audiensnya menebak-nebak,” tulis Gallo. “Sering kali, tetapi tidak selalu, dia akan memberikan \'satu hal lagi\' kepada audiensnya sebelum dia mengakhiri sebuah presentasi. Misalnya, Jobs mengumumkan bahwa dia akan kembali menjadi CEO Apple penuh waktu (menanggalkan kata \'sementara\' dari jabatannya) sebagai tambahan \'satu hal lagi\' pada akhir presentasinya di Macworld pada 5 Januari 2000. Ini adalah elemen kejutan yang disukai dan diharapkan oleh audiens. Karena audiensnya selalu mengharapkan \'satu hal lagi\', Jobs tidak selalu memberikannya. Sebuah kejutan akan gagal 

“Hari ini saya ingin menyampaikan kepada Anda tiga kisah dari hidup saya. Itu saja. Bukan masalah besar. Hanya tiga kisah.”

 kita melihat aturan tiga memainkan peran yang besar dalam pesan Jobs. Dia menggambarkan sebuah peta perjalanan bagi para pendengarnya dengan mengatakan kepada mereka untuk mendengarkan tiga kisah -bukan satu atau empat, tetap itiga. Struktur pidatonya sendiri sederhana: pembukaan, tiga kisah, penutup.

”Kisah pertama adalah tentang menghubungkan titik-titik.”
Di sini Jobs menyampaikan kisah pertama dari tiga anekdot personalnya. Kisah ini tentang putus kuliahnya dari Reed College setelah enam bulan berkuliah. Jobs mengatakan bahwa pada waktu itu rasanya menakutkan tetapi akhirnya berhasil karena keputusannya tersebut memungkinkannya untuk terus mengambil kursus-kursus yang dia minati, seperti kaligrafi.
”Kaligrafi ini indah, historis, dan halus secara artistik yang tidak dapat ditangkap oleh ilmu pengetahuan, dan saya menganggapnya sangat memesona.”

Jobs menemukan gairah terdalamnya pada kesederehanaan dan desain di usia yang sangat muda.Dia menemukan tujuan inti hidupnya-sebuah semangat ”dari langit” untuk mengubah dunia.Berikan gairah terdalam Anda ke bidang yang Anda minati dan antusiasme Anda akan menular ke sekitar Anda.
Kita sama-sama tahu bahwa kisah kedua Jobs adalah tentang cinta dan kehilangan serta kisah ketiganya tentang kematian. Dengan apik, Gallo membawa  untuk mencermati detail struktur pidato Jobs. , Jobs memang piawai membuat cerita

 Pidato Jobs mengungkapkan rahasia kesuksesannya sebagai pemimpin bisnis dan sebagai komunikator ulung: lakukan apa yang Anda cintai, jadikan kegagalan sebagai peluang, dan dedikasikan diri Anda sendiri pada pengejaran atas keunggulan dalam balutan gairah yang menyala-nyala.



0 komentar:

Posting Komentar